Jumlah Pemilih di Kota Kendari pada Pemilu 2024 Diprediksi Meningkat, Begini Penjelasan Ketua KPU

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari prediksi Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilu 2024 untuk Kota Kendari akan terjadi peningkatan jumlah pemilih.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh saat diwawancara oleh awak media di sela-sela kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara (Sultra) di salah satu hotel di Kendari, Kamis (16/6).

“Yang pertama, ingin kami jelaskan bahwa pemuktahiran dan penyusunan data pemilih untuk pemilu 2024 itu, berbeda dengan Pemuktahiran data pemilih dan penyusunan data pemilih pada Pemilu 2019 yang lalu,”ungkapnya.

Sambungnya, kalau di Pemilu 2019 yang lalu, penyusunan daftar pemilih dan pemuktahiran data pemilih itu dilakukan seperti sekarang ini, nanti menjelang pemilu dilaksanakan, baru dilakukan itu, tetapi di Pemilu 2024 ini, itu sudah mengunakan yang namanya sistem periodik list atau penyusunan daftar pemilih secara berkelanjutan, jadi kita ada di KPU, ada yang namanya program pemuktahiran data pemilih berkelanjutan.

“Nah, itu dilakukan validasi, verifikasi dan tentu itu ada bagian dari kerja-kerja pemuktahiran, jadi ini sudah berkelanjutan mulai dari tahun 2020 lalu,”tambahnya.

Lanjutnya lagi, jadi data pemilih, ya ini yang menjadi catatan kita, jumlah data pemilih untuk pemilu 2019 yang lalu, jumlahnya untuk Kota Kendari sebanyak 208. 846 pemilih, kemudian melalui program data pemilih berkelanjutan yang setiap bulan kami lakukan, kami melakukan perbaikan, validasi, verifikasi sehingga sampai dengan sekarang di bulan Mei 2022 ini, jumlah pemilih kita sudah mencapai 213.211 pemilih di Kota Kendari.

  • Bagikan