76 Tahun Serikat Perusahaan Pers, Menyelamatkan Masa Depan Pers Kolaborasi Jadi Kunci

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, RIAU — Serikat Perusahaan Pers (SPS) menandai perayaan hari jadi yang ke-76 dengan menggela rbeberapa kegiatan di Pekanbaru, Riau, 6 Juli 2022. Dibuka dengan Dialog Nasional bertajuk “Kolaborasi Menuju Kebangkitan Ekonomi Indonesia”, kemudian ditutup dengan malam apresiasi yang diberikan untuk pemangku-pemangku kepentingan perusahaan pers atas sumbangsihnya dalam merawat ekosistem media.

“Dengan kolaborasi, industri media akan sehat dan berkelanjutan. Industri media melalui produk jurnalisme dan informasi berkualitas dan bertanggungjawab, bisa menjadi mitra strategis para pemangku kepentingan dalam mengakselerasi kebangkitan ekonomi Indonesia,” ujarJanuar P. Ruswita, Ketua Harian SPS Pusat, saat membuka sesi Dialog Nasional 76 Tahun SPS.

Pentingnya kolaborasi perusahaan pers dengan stakeholders-nya juga diamini Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Wakil Ketua DPD RI, Sultan B. Najamudin, yang ketiganya hadir secara virtual di pembuka dialog nasional. “Menimbang peran pers yang demikian strategis dan signifikan, maka menjadi kewajiban bagi setiap pemangku kepentingan untuk memberikan sikap keberpihakan, membangun sinergi, dan kolaborasi, sehingga pers dapat terus tumbuh dan berkembang sebagai salah satu pilar penyangga demokrasi,” ujarKetua MPR RI.

Sementaraitu, di sesi dialog, Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya, Jaja Subagja, Kepala Kejaksaaan Tinggi Riau, Staf Khusus Menteri BUMN, Nezar Patria, dan Dripa Sjabana dari Kamar Dagang Industri (KADIN) Indonesia, urun pemikiran kolaborasi dari berbagai perspektif. “Tantangan pers saat ini antara lain revolusi medium industri pers, pola Gen Z dalam mengonsumsi informasi, polarisasi akibat algoritma SEO, berita tenggelam akibat info viral di media sosial, dll. Untuk itu diperlukan gotong royong secara inklusif dan kolaboratif dengan seluruh pihak,” ujar Dripa Sjabana yang hadir mewakili Ketua Umum KADIN.

  • Bagikan