Ini Profil Irjen Syahar Diantono, Pengganti Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Setelah diberhentikan dengan tidak hormat akibat keterlibatan dalam kasus tewasnya Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat, Irjen Ferdy Sambo digantikan oleh irjen Syahardiantomo.

Irjen Syahar Diantono dilantik langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo pada Senin, 8 Agustus 2022 lalu, di markas besar Polri.

Penetapan Tersebut berdasarkan pada surat telegram nomor ST/1628/VIII/KEP/2022 tertanggal 4 Agustus 2022. Dalam Surat tersebut irjen Syahardiantono dilantik sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polisi Republik Indonesia (KADIV PROPAM POLRI).

Nama Syahar Diantono dalam lingkup kepolisian bukalah orang baru. Syahardiantono adalah lulusan akademi kepolisian atau AKPOL 1991 dan di kenal sebagai polisi yang memiliki pengalaman yang mempuni di bidang reserse.

Sebelum dilantik, Irjen Syahar Diantono menjabat sebagai wakil kepala badan reserse kriminal polri atau wakabareskrim.

Jauh sebelum itu pria kelahiran Blora, Jawa Tengah 2 Februari 1970 tersebut sempat menjabat sebagai kapolres pasuruan pada tahun 2010. Setahun setalh itu, Irjen Syahar Diantono dipercaya menjadi Wakil direktur kriminal khusus provinsi Jawa Timur.

2 tahun berikutnya pada 2012, dia dipanggil ke Mabes Polri sebagai kasubdit IV Direktorat Tindak pidana. Kemudian pada 2014, ia dipercaya menjadi direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Riau.

Tidak cukup sampai di situ, pada tahun 2018-2019 ia juga sempat menjabat sebagai Kepala bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri. Dan selanjutnya di tahun 2020 Syahardiantono terpilih menjadi kepala Biro pengolahan Informasi dan data divisi humas polri dan dengan resmi menjadi jenderal bintang satu.

  • Bagikan