Siaga SAR Jelang Lebaran Idul Fitri 2023, Basarnas Kendari Kerahkan 122 Personel Amankan Arus Mudik dan Arus Balik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari menggelar apel Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023 / 1444 Hijriah yang bertempat di Pelataran KPP Kendari dan diikuti oleh seluruh personil KPP Kendari, Jum’at (14/4).

Kegiatan siaga SAR khusus Lebaran kali ini berlangsung dari tanggal 13 April sampai dengan 3 Mei 2023.

Tujuan dari pelaksanaan Siaga SAR khusus Lebaran Tahun 2023 / 1444 Hijriah adalah terwujudnya pelayanan SAR yang profesional, sinergi dan militan dalam mendukung kebijakan pemerintah

Sebelumnya, pada hari Kamis (13/4) telah dilaksanakan Apel Pembukaan Siaga SAR Khusus Lebaran secara daring oleh Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Pada tahun ini diperkirakan terdapat 123,8 juta warga masyarakat yang akan melaksanakan aktifitas perjalanan mudik ke kampung halaman dengan moda transportasi darat, laut, dan udara.

Jumlah pemudik ini meningkat sebesar 44,79 % dibanding lebaran pada tahun sebelumnya.

Disisi lain, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan masih akan terdapat curah hujan dan gelombang tinggi di beberapa wilayah di Indonesia yang dapat memicu bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor dan angin kencang di sepanjang rute mudik.

Kedua faktor diatas akan berdampak akan adanya resiko kondisi membahayakan jiwa. Selama masa angkutan Lebaran, Basarnas akan menempatkan personil dan Alut di lokasi – lokasi strategis yang rawan kecelakaan dan bencana, bersinergi dengan Kementerian atau Lembaga terkait.

  • Bagikan