BTN Siap Biayai Pembangunan Rumah Bersubdisi di Sultra Berapapun Permintaannya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Bank Tabungan Negara (BTN) komitmen untuk terus membantu pembiayaan pembangunan perumahan bersubsidi di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai dari sisi suplai side hingga demand side.

Hal ini diungkapkan oleh, Deputi Regional Bisnis Wilayah V BTN, Daulat Marpaung saat diwawancara oleh fajar.co.id, usai mengikuti pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Provinsi Sultra di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (15/8).

“Jadi BTN itu hadir, dari dua sisi ya, sisi suplai side yaitu membiayai teman-teman Apersi yang membangun perumahan, mulai dari penyediaan lahan, pembangunan fisik rumahnya, juga sarana-prasarananya,”jelasnya.

Sambungnya, kemudian, dari sisi demand side, yaitu membiayai masyarakat untuk mendapatkan rumah, baik ASN maupun karyawan swasta, serta sektor informal.

“Jadi dengan ini saya kira sudah terbukti dan terbukti, bahwa BTN konsisten membiayai perumahan-perumahan, apalagi di sektor MBR,”ungkapnya.

Katanya lagi, Tadi Pak Ketum Apersi menyampaikan bahwa Apersi dominan membangun perumahan MBR, dan BTN sangat konsen disitu.

“Saya kira satu-satunya Bank yang konsisten membiarkan MBR itu, ya, BTN dari dulu sampai sekarang. jadi sudah banyak ya, kalau secara nasional saya gak dapat data, tetapi BTN tidak pernah kekurangan dana untuk membiayai semua rumah-rumah bersubsidi, berapapun permintaannya, kami selalu siap,”bebernya.

Katanya lagi, Sultra ini, kalau di wilayah 5 Bank BTN, kalau ia lihat perwilayah, Sultra ini berkontribusi nomor 3 tertinggi di wilayah 5 pertama kan, Sulawesi Selatan (Sulsel), kedua, Kalimantan Barat (Kalbar), ketiga, Sulawesi Tenggara (Sultra).

  • Bagikan