Tim Kemenaker Verifikasi Dua Usaha Unggul di Baubau

  • Bagikan
Seorang ibu dengan usaha ikan asap di Baubau, saat melakukan aktivitasnya dengan memanggan ikan cakalang di wadah yang sudah disiapkan. (Antara/Ho)

FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Tim Verifikator Nasional dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) melakukan verifikasi lapangan anugerah Paramakarya 2023 terhadap dua usaha unggul di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tim Verifikator Pusat dari Direktorat Bina Peningkatan Produtivitas Kementerian Ketenagakerjaan Novi Dian Anggraini dalam pernyataan di Baubau, Jumat menyebutkan, indikator penilaian penghargaan ini berdasarkan audit system manajemen peningkatan produktivitas (Simpro) sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 156 tahun 2021.

“Kunjungan tim ke daerah ini sekaligus memverifikasi kesesuaian dokumen yang dikirim dengan realita di lokasi usaha,” ujarnya.

Untuk diketahui tim Pusat tersebut melakukan kunjungan sejak 3-5 November. Hari pertama meninjau usaha di Kota Kendari menyusul Kota Baubau secara beruntun di dua tempat usaha berbeda.

Tiga pelaku Usaha di Sulawesi Tenggara mendapat kesempatan menerima anugerah penghargaan produktivitas tingkat nasional dari Kemenaker, dua diantaranya dari Kota Baubau yakni Katapai Sulaa (ikan tuna dan cakalang asap) dan CV Merpati Putih salah satu perusahaan air minum kemasan.

Kedua UMKM tersebut sebelumnya telah mendapatkan penghargaan Produktivitas Siddhakarya dari Pemerintah Provinsi kategori unggul tahun 2022 lalu dan berkesempatan mengikuti anugerah Paramakarya tahun 2023 yang diselenggarakan setiap tahun ganjil.

Proses seleksi Paramakarya tidaklah instan, sejumlah Provinsi dinyatakan gugur karena ketidaklengkapan dokumen terlihat dari dari 172, tersisa 70 usaha berhasil
mengikuti verifikasi lapangan dan akan diseleksi 40 pelaku usaha terbaik se Nusantara untuk menerima penghargaan di bulan mutu dan produktifitas dan Kemenaker Award November mendatang.

  • Bagikan