Diharamkan MUI, Begini Cara Cara Cek Daftar Perusahaan dan Brand Produk Pro Israel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Agresi militer Israel ke Palestina masih berlangsung. Kini, produk dan brand yang terafiliasi dengan negara zionis itu jadi sorotan.

Di Indonesia, gerakan Boikot Divestasi dan Sanksi (BDS) satu persatu mulai mengarah ke berbagai produk terafiliasi Israel.

Perang opini pun terjadi antar brand atau produk. Beberapa produk bahlan mulai melakukan kampanye sebagai produk lokal.

Semula produk-produk Israel yang sudah lama dikenal seperti McDonald, KFC, Starbuck dan Aqua serta berbagai produk Danone dan Unilever langsung mendapatkan dampaknya.

Namun belakangan publik mengetahui bahwa air mineral dalam kemasan (AMDK) Le Minerale diduga juga merupakan produk yang ikut beroperasi di Israel.

Le Minerale merupakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan Mayora. Perusahaan sama yang memproduksi Kopiko.

Sebelumnya diketahui, Le Minerale merupakan air minum yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya anak perusahaan dari Mayora Indah dengan pabrik di beberapa wilayah di Indonesia.

Cara Mengetahui Produk Pro Israel

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan tegas mengharamkan dukungan kepada Israel baik secara langsung maupun tidak langsung. Lalu bagaimana dengan menggunakan produk pro Israel?

Menurut gerakan boikot BDS yang berdiri sejak 2005, tindakan boikot digunakan untuk menekan perdagangan dengan Israel dengan pelarangan penggunaan produknya.

Di Indonesia, ada Gerakan BDS Indonesia, yaitu Boikot, Divestasi, dan Sanksi terhadap Israel, yang merupakan bagian dari Palestinian BDS National Committee (BNC).

  • Bagikan