Tahun 2024, Kadin Sultra Berkomitmen Terus Menopang Pertumbuhan Ekonomi Sultra, Ini Program Unggulannya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Perekonomian Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tumbuh positif. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi daerah pada Periode Oktober 2023 tumbuh sebesar 4,92 persen year on year (yoy). Peningkatan ekonomi daerah ini tidak lepas dari dukungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Sultra yang diketuai oleh Anton Timbang.

Dukungan Kadin Provinsi Sultra terhadap pertumbuhan ekonomi daerah tercermin dari beberapa program Kadin Sultra seperti program hilirisasi di sektor perikanan dan pertanian.

Ketua Kadin Provinsi Sultra, Anton Timbang melalui Kordinator Bidang Budidaya Perikanan dan Kelautan Kadin Sultra, Eddy Nurdin menjelaskan program hilirisasi merupakan upaya pihaknya dalam mengoptimalkan nilai jual produk baik disektor usaha perikanan maupun pertanian.

“Tujuannya agar memberi nilai tambah bagi masyarakat (pelaku usaha perikanan dan pertanian) juga meningkatkan pendapatan pemerintah,”jelasnya.

Eddy mencontohkan, program hilirisasi pada sektor perikanan telah dilaksanakan pihaknya melalui misi dagang antar daerah yang telah dikerjasamakan dengan Pemprov Jawa Timur (Jatim). Belum lama ini pihaknya mengirim sebanyak 34 ton ikan ke Surabaya.

“Alhamdulillah, berkat arahan dari Ketua Kadin Sultra, Anton Timbang, kita bisa mengirim sebanyak 34 ton ikan ke Surabaya,” ungkap Eddy Nurdin.

Lanjut dia, puluhan ton ikan didapatkan dari koperasi nelayan di Kendari. Koperasi tersebut menyerap ikan nelayan untuk kemudian didistribusikan lewat Kadin.

  • Bagikan