Jokowi Tegaskan Vaksin Booster Gratis untuk Seluruh Masyarakat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan memulai vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster pada 12 Januari 2022 mendatang.

Menurut Jokowi, vaksinasi Covid-19 dosis ketiga ini diprioritaskan kepada masyarakat lanjut usia (lansia) dan juga kelompok rentan.

“Bapak ibu dan saudara-saudara mulai tanggal 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan,” ujar Jokowi saat jumpa pers di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1).

Jokowi menuturkan, upaya pemerintah melakukan vaksinasi dosis ketiga ini untuk meningkatkan kekebalan komunal dari bahayanya penularan virus korona yang saat ini sedang mewabah di tanah air.

“Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus Covid-19 yang terus bermutasi,” katanya.

Jokowi juga memutuskan bahwa vaksinasi dosis ketiga ini akan diberikan gratis ke seluruh rakyat Indonesia. Karena pemerintah mengedepankan keselamatan rakyat adalah faktor penting.

“Untuk itu saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” ungkapnya.

Jokowi menjelaskan, syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinanasi dosis ketiga ini adalah si calon penerima sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya.

Jokowi berujar, meski sudah divaksin masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

  • Bagikan