UAS Bilang Menikah Beda Agama Sama dengan Zina, Abu Janda: Secara Negara Tidak Bisa, Tapi Secara Agama Bisa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pegiat media sosial, Permadi Arya alias Abu Janda angkat suara soal viralnya pernikahan beda agama yang terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dalam video yang beredar, terlihat seorang perempuan muslimah berhijab menikah di gereja.

Terlihat mempelai perempuan bernama Retno mengenakan gaun pengantin dan jilbab berwarna putih lengkap dengan sebuah buket bunga.

Sedangkan mempelai pria yang bernama Hendra menganut agama Katolik, mengenakan jas hitam. Keduanya diapit oleh seorang pendeta.

Abu Janda menyebut, nikah beda agama secara negara memang tidak bisa. Tapi kata dia, secara agama bisa.

“Nikah beda agama secara negara memang tidak bisa, tapi secara agama bisa,” tulis Abu Janda mengomentari pernikahan dua sejoli beda agama, di Instagram, dikutip pada Rabu (9/3/2022).

Menurut Abu Janda, pernikahan Hendra dan Retno di Semarang 5 Maret 2022 menunjukkan indahnya keberagaman di Indonesia.

“Hendra katolik, Retno muslimah. Kalau CINTA sudah bicara, agama bukan pembatas. Congrats ya Hendra & Retno. Rayakan keberagaman Indonesia,” ungkapnya.

Pandangan berbeda diungkapkan penceramah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam tausiahnya pernah menyinggung soal pernikahan beda agama.

Dilansir dari kanal Youtube Dakwah sang da’i, UAS menegaskan jika perempuan menikah dengan laki-laki berbeda agama ataupun sebaliknya, sama halnya dengan zina.

“Kalau sampai engkau muslimah menikah sama beda agama lalu kau murtad maka neraka jahanam tempatmu,” seru UAS.

Lebih jauh UAS berpesan kepada orang tua, untuk menanamkan wawasan agama yang kuat terhadap putri mereka. Agar nantinya setelah dewasa tidak dengan mudahnya terbuai dengan bujukan rayu pria yang berbeda agama.

  • Bagikan