Rumahnya Tertimpa Longsor di Jalan Sarungga, Pemilik Rumah Harapkan Bantuan Pemerintah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Sebuah rumah di Jalan Kolosua atau lebih dikenal dengan Jalan Sarungga, RW 02/RT 03, Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari tertimpa jalan setapak yang longsor akibat hujan yang cukup deras. Dan kejadian ini terjadi kemarin pada Hari Jum’at (9/7) sekira pukul 14.00 Wita.

Pantauan fajar.co.id, di lokasi terlihat bongkahan tanggul atau talud yang longsor menimpa rumah warga tersebut, dan mengakibatkan rumah tersebut mengalami retak pada tembok di bagian dapur dan rangka rumah tersebut sedikit bergeser.

Dan berdasarkan informasi dari warga dan penelusuran fajar.co.id, jalan setapak ini merupakan proyek dari program NSUP Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Wonua Monapa, Kelurahan Kemaraya melalui Bantuan Dana Investasi Pengembangan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (BDI-PLPBK) Tahap 2 pada tahun 2017.

H. Arif, Pemilik Rumah yang tertimpa tanah Longsor ini, mengatakan bahwa kejadian ini, kurang lebih jam 2 siang, baru pada saat kejadian saya tidak ada di rumah, karena saya dan istri saya lagi ke Bank, dan di rumah, hanya ada anaknya yang satu.

“Saya pulang di rumah sudah penuh orang di dalam, membersihkan itu air, karena sudah masuk dalam rumah. Kalau sebetulnya rumah itu, kerusakannya tidak seberapa, tapi ini tanggul dan taludnya yang menghalangi, karena ini kalau tidak cepat diselamatkan, dan apalagi kalau ada lagi susulan (longsor), dia (tembok) jatuh, ini bisa lebih parah lagi, bisa menyangkut dengan rumah,”ungkapnya.

Lanjutnya, kalau ini (longsor) kan, bapak tadi sudah lihat, cuman disudutnya yang tidak kuat, dia punya pondasi dia retak, tapi ditanggulnya yang paling parah.

  • Bagikan