Antisipasi Ancaman Perubahan Iklim dan Penipisan Lapisan Ozon, BPVP Kendari, Kemnaker RI Bersama KLHK RI Teken MoU

  • Bagikan

Untuk mencetak teknisi-teknisi Refrigerasi dan AC yang kompeten, lanjut dia, dalam upaya pemeliharaan bumi dari perubahan iklim dan penipisan lapisan ozon, pihaknya melakukan penandatanganan kerja sama dengan sembilan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

“Hal itu penting, sebab Teknisi AC yang kompeten akan menjamin praktik pemeliharaan yang baik (good servicing practices) karena tidak melepas refrigeran ke lingkungan,”paparnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Bina Lavotas) Kemnaker RI, Budi Hartawan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Dirjen Bina Lavotas Kemnaker RI, Heri Budoyo, ST, MM menyebutkan, kolaborasi antara Kemnaker dan KLHK dalam menciptakan sumberdaya manusia mumpuni terutama Teknisi Pendingin dan Tata Udara, dapat menjadi ujung tombak menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik dan hal itu sangatlah dibutuhkan.

“Saya yakin, pelatihan vokasi bisa menjadi solusi untuk percepatan pemenuhan kebutuhan tenaga kerja terampil terutama tenaga kerja operator dan teknisi refrigeran AC dan refrigeran lainnya untuk membantu pemeliharaan bumi,” tuturnya.

Saat ini, lanjut dia, pelatihan vokasi banyak dilirik para pencari kerja dan juga pekerja untuk mendapatkan kompetensi atau meningkatkan kompetensi atau shifting kompetensi berdasarkan keunggulan-keunggulan yang ada.

“Pemicunya karena Pelatihan Vokasi dirasa dapat menjadi solusi rendahnya daya saing angkatan kerja dan pengangguran pada era digitalisasi dan mismatch lapangan pekerjaan pada masa recovery ekonomi,” bebernya.

  • Bagikan