Bawaslu Kota Kendari Lantik Panwascam, Pj Wali: Kendari Harus Jadi Contoh Demokrasi yang Baik di Sultra

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menghadiri pelantikan 27 Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 9 Kecamatan se Kota Kendari.

Pelantikan Panwascam ini dilaksanakan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari di salah satu hotel di Kendari, Jumat (28/10).

Penjabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan, bahwa tahapan pemilu serentak 2024 telah dimulai sejak 16 Juni 2021

“Sesuai amandemen undang-undang, Panwas pemilu selaku Panwas pemilu memiliki peran yang strategis dalam mengawasi seluruh tahapan dalam pesta demokrasi yang mungkin dilaksanakan setiap lima tahunan,”ungkap Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu kepada fajar.co.id, Jum’at (28/10).

Dia juga menambahkan, Pemerintah Kota Kendari harus mengambil peran penting dalam mendukung penyelenggara dalam pemilihan umum serentak 2024.

“Sesuai dengan tagline Kendari bergerak, Kota Kendari ini sebagai ibu kota provinsi harus selalu bergerak termasuk proses demokrasi yang harus terus bergerak dan menjadi lebih baik dan juga menjadi contoh demokrasi yang baik,”tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Kendari Sahinuddin menyampaikan, mereka yang baru saja dilantik merupakan orang-orang terbaik untuk menjalankan tugas dan kewenangan panwas di wilayah masing-masing.

“Setelah diadakan pelantikan ini dilanjutkan dengan pembekalan yang dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 28-30 Oktober, kami juga berharap agar bersedia membangun pengawasan partisipatif wilayah kecamatan masing-masing dengan bekerja sama stakeholder di wilayah kecamatan masing-masing,”pungkasnya.

  • Bagikan