Kaca Mobil Buram? Lakukan 3 Hal Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Cuaca saat ini menjadi tak menentu efek pancaroba. Panas dan hujan terjadi dalam satu hati. Hal ini pun berpengaruh pada kendaraan.

Salah satunya adalah dapat membuat kaca mobil buram. Tentunya tampilan kaca yang buram dapat berpengaruh pada jarak pandang pengemudi. Jika tidak ditangani dengan benar bisa mengundang bahaya.

Menurut lama mypertamina.id menyebutkan jika perawatan untuk kaca mobil berbeda dengan perawatan bodi nya.

Berikut tiga cara yang bisa ditiru untuk menjaga tampilan kaca tetap bersih dan tidak buram.

  1. Bersihkan dengan Lap Bersih
    Pada saat akan membersihkan kaca mobil, gunakanlah lap yang bersih. Pilih lap yang memiliki tekstur lembut agar menghindari terjadinya goresan pada kaca. Lap yang kasar dan kotor berpotensi menghasilkan goresan yang jika dibiarkan lama kelamaan akan menyebabkan kaca buram.
  2. Langsung Dikeringkan Saat Basah
    Menjaga kaca mobil tetap kering akan menjadikan kaca tidak cepat buram. Pada kondisi basah karena hujan dapat menyebabkan timbulnya jamur. Jika jamur terlanjur tumbuh maka perlu dibersihkan dengan cairan pembersih. Namun, perlu diketahui penggunaan cairan pembersih yang terlalu sering bisa menipiskan lapisan kaca.
  3. Perhatikan Kondisi Karet Wiper
    Goresan pada mobil salah satunya bisa disebabkan oleh gerakan wiper, terutama saat kondisi karetnya mengeras. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin.

Untuk memeriksanya cukup dengan memeriksa gerakannya. Jika masih lentur artinya masih bagus. Namun, jika sudah mengeras artinya harus segera diganti. (Elva/Fajar).

  • Bagikan