Lima Suku di Sulawesi dengan Mahar Pernikahan Termahal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pernikahan Andi Amar Ma’ruf Sulaiman menyita perhatian publik belakangan ini. Khususnya masyarakat Sulawesi.

Bagaimana tidak, maharnya puluhan miliar. Resepsi pernikahannya pun tak tanggung-tanggung, menghadirkan artis papan atas tanah air.

Anak dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman itu menyiapkan mahar senilai Rp 10 miliar, yang meliputi 2 kilogram logam mulia, berlian, satu unit mobil Alphard, mahar alat salat 88 real dan uang belanja Rp 2 miliar.

Amar, yang merupakan Calon Legislatif DPR RI Partai Gerindra itu, merupakan keluarga dari Suku Bugis. Begitu pula dengan istrinya Ihsani Nurul Izzah. Keduanya menikah pada Sabtu (24/2/2024) yang digelar secara mewah di Hotel Claro Makassar, Sulsel.

Namun menariknya, di Sulawesi ternyata bukan hanya suku Bugis yang punya mahar selangit. Ini lima daftarnya, dikutip dari Instagram @bugis_update:

Suku Gorontalo
Masyarakat Gorontalo memiliki adat depito dulu, yang merupakan adat khusus pemberian mahar yang berupa uang, kebutuhan wanita, dan kebutuhan pokok.

Suku Mandar
Suku Mandar serumpun dengan suku Bugis. Mahar suku Mandar terbilang tinggi karena melihat status keluarga wanita, semakin kaya maka semakin mahal maharnya.

Suku Tolaki
Suku Tolaki memiliki mahar di atas Rp 50 juta. Hal ini karena rata-rata gadis suku Tolaki memiliki paras oriental, yakni berkulit putih dan mata sipit. Inilah yang menjadi penentu mahar wanita Tolaki.

Suku Makassar
Suku Makassar memiliki mahar yang mahal. Biasa disebut dengan Uang Panai. Mahar suku yang mahal biasanya karena biaya hidup yang tinggi.

  • Bagikan