Pemkab Konawe Rencanakan Pembangunan Jalan Baru dari Latoma Menghubungkan Routa, Ini Penjelasan Pj Bupati Konawe

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Pembangunan jalan Latoma-Routa diproyeksi bakal menghubungkan dua Proyek Strategi Nasional (PSN) yang berada di Kabupaten Konawe yakni Indonesia Konawe Industrial Park (IKIP) dan Bendungan Pelosika.

“Pembangunan jalan Latoma-Routa di tahun 2024 itu akan menghubungkan dua Proyek Strategi Nasional antara IKIP yang berada di Routa dan Bendungan Pelosika yang berada di Latoma,”ungkap Pj. Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, SE.,MM kepada fajar.co.id, Jum’at (1/12).

Lanjut Harmin Ramba menjelaskan dalam pembangunan jalan ini pihaknya bakal mengejar dana Inpres Jalan Daerah, karena itu adalah ruang Kabupaten/Kota untuk mendapatkan pembangunan jalan yang berada di wilayah kewenangannya.

“Karena kalau menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni itu tidak mungkin,” jelasnya.

Harmin Ramba membeberkan saat ini pihaknya sedang melakukan permohonan izin pemanfaatan kawasan hutan untuk pemanfaatan jalan karena pembangunannya melewati kawasan hutan yang cukup panjang.

“Dan sekarang permohonan izinnya itu sementara berjalan proses,” tambahnya.

Selanjutnya, jelas Harmin Ramba, pihaknya saat ini sedang konsolidasi dan konsultasi di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait dengan delienasi kawasan atau penurunan status kawasan hutan.

Sambung Harmin, jika jalan Latoma-Routa sudah terbuka maka potensi akan ada dampak pemukiman yang terjadi untuk mengurangi hal-hal perambahan hutan itu harus dilakukan delienasi kawasan.

Lebih lanjut Harmin mengatakan dengan pembangunan jalan Latoma-Routa ini juga mempersiapkan rencana relokasi masyarakat yang terdampak pembangunan Bendungan Pelosika yang dipastikan sekitar 70% pemukiman berpotensi tergenang.

  • Bagikan