Bank Indonesia Gunakan Kapal Perang KRI Kakap 811 Gelar ERB 2023 ke Wakatobi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Melanjutkan kesuksesan pelaksanaan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di tahun 2022, Bank Indonesia (BI) bersama Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali melaksanakan ERB Sultra.

Pelaksanaan ERB Sultra di tahun 2023 ini ditandai dengan pelepasan tim ekspedisi oleh Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim dan Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Pertama Retiono Kunto disaksikan oleh Staf Ahli Gubernur Sultra, Forkominda Sultra, Pj Walikota Kendari hari ini, Jum’at, 5 Mei 2023 di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari.

“Keberangkatan Tim ERB Sultra ini mendapat dukungan Mabes TNI AL dengan menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kakap (811) yang akan menuju Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko dan sebagai tambahan Pulau Runduma pada titik terjauh Wakatobi,” ungkap Kepala Perwakilan BI Provinsi Sultra, Doni Septadijaya kepada fajar.co.id, Jum’at (5/5).

Lanjutnya, Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) untuk mendapatkan uang layak edar.

“Kegiatan ini sebagai bagian dari Perjanjian Kerja Sama antara Bank Indonesia (BI) dengan TNI AL mengenai Pendistribusian, Pengamanan, dan Pengawalan Uang Rupiah dari dan ke Bank Indonesia atau Perwakilan BI serta Wilayah Perbatasan, Terdepan, dan Terluar serta Terpencil di NKRI,”jelasnya.

  • Bagikan