225.516 KPM Terima Bantuan Pangan Pemerintah

  • Bagikan
Kepala Perum Bulog Kanwil Sultra Siti Mardati Saing saat menyalurkan bantuan bahan pangan ke KPM di Kendari. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Perusahaan Umum (Perum) Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Dinas Ketahanan Pangan menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah tahap II kepada 225.516 keluarga penerima manfaat (KPM) di 17 kabupaten/kota se-Sultra.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sultra Ari Sismanto di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa penyaluran bantuan pangan tahap II itu dilakukan selama tiga bulan secara berturut-turut hingga November 2023 dengan jumlah penerima sebanyak 225.516 KPM di Sultra sesuai dengan data dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI).

Hari ini pemerintah mulai menyalurkan cadangan pangan pemerintah berupa beras 10 kilogram selama tiga bulan berturut-turut. Di Sultra ini ada 225.516 KPM, mulai hari ini sudah dibagikan kepada masyarakat sesuai data yang diperoleh dari Kementerian Sosial RI,” kata Ari.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya bersama-sama telah mengecek kualitas dan berat beras yang telah sesuai dengan ukurannya, yakni 10 kilogram per KPM.

“Secara berat tadi kita sudah buktikan secara bersama-sama bahwa betul 10 kilogram, artinya netto-nya sudah betul-betul 10 kilogram, dan ini mulai hari ini kita bagikan serempak di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Dia menyebutkan bahwa penyaluran itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan juga untuk menjaga harga beras di pasar-pasar tidak bergejolak.

“Tahap I kemarin sudah selesai 100 persen pada April, Mei, dan Juni 2023. Kita sudah 100 persen di 225.516 KPM di Sultra, sekarang kita mulai tahap II,” sebutnya.

  • Bagikan