Jadi Tuan Rumah Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2023, Pemprov Sultra Bakal Edukasi Masyarakat Antisipasi Bencana

  • Bagikan
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra, Muhammad Yusup

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi tuan rumah dalam peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) XI tahun 2023.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra, Muhammad Yusup mengatakan event nasional tersebut bakal berlangsung di Kota Kendari mulai 9-15 Oktober mendatang. Dimana, untuk saat ini persiapannya telah mencapai 90 persen.

“Pemerintah provinsi siap menyambut PRB 2023. Minggu ini kita sudah rampungkan 100 persen,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/9/2023).

Ia menyampaikan, melalui PRB 2023 itu juga Pemerintah Provinsi Sultra akan banyak melalukan kegiatan edukasi kepada anak sekolah serta masyarakat.

“Edukasi ini untuk memberikan pemahaman terkait apa yang harus dilakukan jika dalam kondisi terjadinya bencana,” bebernya.

“Misalnya saja di negara maju seperti Jepang, anak kecil telah diberikan pemahaman tentang bagaimana menangani bencana. Begitu juga dengan di Kanada, Newzeland, Australia,” tambahnya.

Lanjut ia menyampaikan bahwa, tempat pelaksanaan dan agenda kegiatan telah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat sehingga semuanya telah siap.

Selai itu, BPBD Sultra juga akan merealisasikan PRB di seluruh kabupaten kota dengan membentuk forum PRB guna upaya preventif dalam rangka pengurangan resiko bencana.

Pembentukan ini untuk sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat agar bisa memahami penanggulangan bencana utamanya dengan bekerja sama dengan semua pihak.

“Hal itu guna meminimalisir korban yang lebih banyak apabila terjadi bencana. Sosialisasi dan edukasi ini juga dilakukan sampai pada tingkat masyarakat yang paling rendah,” pungkasnya.

  • Bagikan