Rivalitas Gibran-Ganjar Untungkan Anies?

  • Bagikan
Prabowo-Gibran

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rivalitas Ganjar Pranowo – Gibran Rakabuming Raka pada kontestasi Pilpres diprediksi memanas. Basis suara Ganjar di Jateng akan terpecah.

Keputusan Wali Kota Solo itu maju di pilpres membuat Ganjar Pranowo dan PDIP terancam di basisnya sendiri.

Kondisi ini menguntungkan bacapres-bacawapres Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (Amin). Kehadiran Gibran membuat suara Ganjar tergerus banyak di Jateng.

Pasangan Amin bisa fokus menggarap basis di Jatim, Jabar, Banten, dan DKI Jakarta. Jabar dan DKI Jakarta menjadi basis utama PKS pada pemilu 2019 kemarin.

Sementara di Jatim, PKB menjadi kontestan terkuat dengan dukungan dari warga Nadhliyin. Sementara di Jateng, dipastikantidak ada yang mendominasi.

Kemarin, Gibran secara resmi diperkenalkan sebagai pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Saat deklarasi, Prabowo Subianto didampingi tujuh Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Rumah Kertanegara, Jakarta tadi malam.

Para ketua umum (ketum) partai tersebut, yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketum Gelora Anis Mata, Ketum Garuda Ahmad Ridha Sabana dan Ketum PRIMA Agus Jabo.

Prabowo mengatakan, semua partai politik di KIM sudah mencapai konsensus kesepakatan. Yakni mendukung dirinya dengan Gibran Rakabuming Raka.

“Kita telah berembuk secara final, secara konsensus. Seluruhnya sepakat,” ujarnya, kemarin.

Prabowo mengatakan, usai dideklarasikan, pihaknya segera mendaftarkan ke KPU. “Pada tanggal 25 hari rabu kita akan daftar di KPU,” imbuhnya.

  • Bagikan