Dapur Rutan Kelas II B Unaaha Dinobatkan menjadi Dapur Sehat Percontohan Untuk Lapas dan Rutan se-Sultra

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Dapur Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha dinobatkan sebagai dapur sehat percontohan untuk Lapas atau Rutan Se Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Peresmian dapur sehat ini dilakukan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyaraktan Kemenkumham Sultra. Kamis (23/11).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe dan Puskesmas Tongauna sebagai partner kerja dan bidang kesehatan dan pemenuhan gizi yang baik bagi Warga Binaan

Peresmian dapur sehat ini merupakan tindak lanjut himbauan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga agar Kakanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia dapat segera meresmikan satu dapur sehat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan sebagai dapur percontohan layanan makanan sesuai standar kesehatan di wilayah masing-masing, untuk memotivasi UPT Pemasyarakatan dalam penyelenggaraan layanan perawatan tahanan dan warga binaan lebih baik lagi.

Kehadiran Dapur Sehat tersebut, demi memenuhi hak untuk mendapatkan makanan yang layak sesuai dengan kebutuhan gizi bagi tahanan, anak binaan dan narapidana sesuai yang telah diamanatkan Permenkumham No.40 Tahun 2017.

Pemberian predikat dapur percontohan ini didasarkan oleh Penilaian khusus dari Divisi Pemasyarakatan Sultra, dimana Rutan Unaaha telah memperoleh Sertifikat Laik Higienes Sanitasi Jasa Boga, sertitifikat Penjamah makanan dan Jasa Boga dari Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe pada Desember 2022 lalu.

Selain itu, Dapur Rutan Unaaha juga bersih dan memiliki alur serta tata tertib sehingga layak dinobatkan dapur sehat percontohan.

  • Bagikan