Atasi Inflasi, Mendagri Minta Kepala Daerah Tiru Program Tanam Cabe di Provinsi Sulbar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendali Inflasi Nasional (TPIN) yang dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Rapat berlangsung secara daring atau online, sedangkan Pj Wali Kota Kendari bersama Sekda dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mengikuti rapat di Comand Center Balai Kota Kendari, Rabu (3/1).

Dalam rapat itu, Mendagri Muhammad Tito Karnavian meminta para kepala daerah untuk mengendalikan inflasi di daerah masing-masing, karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak.

Kemudian untuk daerah yang masih mengalami inflasi lebih tinggi dari angka nasional, Mendagri mengingatkan untuk menjadi perhatian, sebab Mendagri tidak segan untuk mengganti pejabat kepala daerah yang tiga kali berturut-turut angka inflasinya di atas angka nasional.

Mendagri juga memberikan apresiasi pada daerah yang berhasil menekan inflasi sehingga angkanya berada di bawah nasional.

“Saya tahu panen cabe besar di Sulawesi Barat (Sulbar) adalah inisiatif dari Pemda provinsi, terima kasih pak Profesor Zudan yang sudah melakukan, banyak daerah melakukan itu (tanam cabe) bisa menangani dengan kemampuan sendiri, tanam cepat panen,”ungkapnya dalam rapat.

Inflasi nasional pada Desember 2023 mencapai 0,41 persen lebih besar dibandingkan pada November 2023 yakni 0,38 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun pada Desember 2023 mencapai 2,61 persen, jauh lebih rendah dibandingkan pada periode yang sama pada 2022 yang mencapai 5,51 persen.

  • Bagikan