Pastikan Ketersediaan dan Keterjangkauan Pangan Jelang Lebaran 2024, Mabes Polri Gelar Dialog Publik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Pejabat Utama (PJU) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti Dialog Publik Memastikan Ketersediaan dan Keterjangkauan Harga Pangan Jelang dan Pasca Lebaran 2024.

Dialog ini berlangsung di Aula Dachara Polda Sultra pada Rabu (27/3/2024) melalui sambungan Video Conference (Vicon) Divisi Humas Polri.

Dialog dibuka langsung oleh Karo Penmas Div Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K., mewakili Kadiv Humas Polri.

Hadir pula narasumber-narasumber berkompeten yakni Kombes Pol M. Syamsul Arifin SIK MH selaku Wakasatgas Pangan Polri), Drs. Isu Karim, M.Si ISY selaku Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Dr. Ir. Budi Waryanto, M.Si selaku Kepala Biro Perencanaan, Kerjasama dan Humas Badan Pangan Nasional, dan Sonya Mamoriska selaku Direktur Transformasi & Hubungan Kelembagaan Bulog.

Dialog ini membahas materi terkait peningkatan kebutuhan dan kenaikan harga bahan pokok menjelang Lebaran 2024. Pemerintah, khususnya Satgas Pangan Polri, telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan ketersediaan dan distribusi pangan yang terjangkau.

Berdasarkan hasil dialog, stok pangan nasional dipastikan mencukupi untuk kebutuhan Ramadhan dan Lebaran 2024. Ketersediaan bahan pokok terpantau lebih dari cukup, sehingga masyarakat diimbau untuk membeli secukupnya dan tidak melakukan panic buying.

Pendekatan kolaborasi menjadi kunci utama dalam memperkuat kerjasama antar pemangku kepentingan untuk memastikan ketersediaan pangan nasional. Cuaca menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi ketersediaan pangan, terutama beras sebagai bahan pokok nasional.

  • Bagikan