Selain Cegah Stroke, Ini Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan

Senin, 12 Juli 2021 10:04

Lobak putih.(int)

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Lobak putih merupakan salah satu sayuran berwarna putih yang dilengkapi dengan daun berwarna hijau di bagian atasnya.

Bagi penyuka sayuran atau tertarik untuk mencoba hidangan baru, makanan yang diolah dari lobak putih ini bisa menjadi pilihan menarik.

Lobak putih ini biasanya sering dikonsumsi sebagai sup, tumis dan juga salad. Meski kurang populer, kandungan zat gizi di dalamnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Terbukti menurut Data Komposisi Pangan miliki Kementerian Kesehatan RI, ada beragam nutrisi penting yang terkandung pada jenis lobak ini.

Dalam 100 gram (gr) sayur lobak, bisa menyumbang sekitar 21 kalori; 0.9 gr protein; 0.1 gr lemak; 4.2 gr karbohidrat; dan 1.4 gr serat. Selain itu, sejumlah mineral dan vitamin juga turut melengkapi zat gizi di dalam sayuran asal China ini.

Mulai dari kalsium; fosfor; zat besi; natrium; kalium; tembaga; seng; vitamin B; vitamin C; hingga vitamin K.Berikut khasiat mengonsumsi lobak putih untuk kesehatan:

1.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Khasiat mengonsumsi sayur lobak adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung beta karoten. Sehingga bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam memproduksi selaput yang lebih sehat untuk menangkal kuman penyakit.

2. Mengobati Asma. Kandungan anti-inflamasi yang berasal dari vitamin C dalam lobak merupakan antioksidan sangat kuat, sehingga efektif untuk menyembuhkan asma dan mengurangi gejala asma. Mengonsumsi sayur lobak putih bisa mengurangi mengi atau sesak yang sering diderita saat memiliki penyakit asma.

Komentar

VIDEO TERKINI