8 Tips Mengelola dan Mengatur Keuangan Perusahaan dengan Aplikasi Pembukuan Usaha

  • Bagikan
  1. Kurangi pengeluaran dan tingkatkan pemasukan

Dua cara mengatur keuangan yang mudah dikatakan, tapi sulit dilakukan, yaitu kurangi pengeluaran dan tingkatkan pemasukan. Banyak pelaku usaha yang kesulitan mengelola dana bisnis karena pengeluarannya lebih besar ketimbang pemasukan.

Untuk memangkas pengeluaran, lakukan tips ini:

  • Analisis pengeluaran dengan melihat pos dan jumlah pengeluaran saat ini
  • Kurangi dan hilangkan pengeluaran tidak perlu
  • Kurangi biaya pengeluaran dengan menemukan vendor atau supplier baru yang menawarkan harga kulak lebih murah

Sedangkan untuk meningkatkan pemasukan, lakukan tips ini:

  • Coba berikan promo seperti diskon potongan harga atau voucher/kode kupon
  • Lakukan pemasaran media sosial
  • Buatlah program loyalitas pelanggan yang menarik, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan omset

8. Sediakan uang tunai cadangan

Perlu diingat, dalam menjalankan operasional bisnis, bisa saja hal tak terduga terjadi. Misalnya, tiba-tiba perusahaan harus menanggung biaya darurat dalam waktu singkat.

Simpanlah dana cadangan dalam kas usaha untuk membantu Anda mengatur keuangan saat kondisi darurat. Anda bisa menyediakan uang tunai cadangan ini dengan membuka rekening tabungan khusus bisnis, pastikan untuk menyetor uang tabungan ke rekening cadangan kas ini.

Jika Anda ingin tau cara mengatur keuangan yang simpel dan efektif, pastikan bisnis Anda dilengkapi sistem pembukuan yang rapi, modern, dan sistematis. Misalnya, agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk melakukan pembukuan usaha. Aplikasi pembukuan usaha dari Jurnal by Mekari, hadir untuk menyederhanakan tugas-tugas akunting tanpa ribet!

Kelola Manajemen Koperasi Jadi Mudah dengan Aplikasi Pembukuan Usaha Jurnal by Mekari

Jurnal.id merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal.id adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal.id hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

  • Bagikan