Aplikasi Pembukuan: Solusi untuk Mengerjakan Akuntansi dengan Mudah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Tidak sedikit orang mengabaikan pembukuan dan berbagai aplikasi pembukuan yang sebenarnya memiliki peran penting dalam bisnis meskipun masih terbilang kecil. Pasalnya, lebih banyak yang lebih fokus pada pemasaran dan kualitas produk saja. Padahal sebenarnya memperhatikan keluar masuknya kas setiap harinya merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

Setiap usaha, tentunya harus memperhatikan cara dalam melakukan pembukuan akuntansi sederhana dari keuangan meskipun itu usaha kecil maupun usaha yang sudah menengah ke atas. Sebab, ketika usaha sudah berkembang pesat, maka secara otomatis pembelian akan meningkat sehingga jumlah transaksi yang masuk akan kian membesar.

Saat itu juga, banyak orang akan menyadari betapa pentingnya jumlah utang, pendapatan, serta piutang agar profit bisa diperoleh secara maksimal. Oleh karena itu, berikut merupakan informasi mengenai bagaimana membuat pembukuan sederhana dan rekomendasi aplikasi pembukuan yang penting untuk usaha Anda.

Apa itu Pembukuan Sederhana?

Pembukuan sederhana ditafsirkan sebagai sebuah proses pencatatan untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan. Pencatatan keuangan ini mencakup properti, kewajiban, modal, pendapatan dan biaya, jumlah harga akuisisi, dan pengiriman barang atau jasa. Kemudian, Anda dapat menutup dengan menyiapkan laporan keuangan dalam bentuk neraca dan laporan laba rugi pada periode itu.

Biasanya pada perusahaan besar, membuat pembukuan merupakan hal yang mudah karena mereka sudah memiliki akuntan yang berpengalaman dan ahli dalam bidang pembukuan. Sementara bertentangan dengan itu, pengusaha baru atau kecil sering menganggap bahwa membuat buku sangat sulit dan rumit, sehingga mereka jarang membuat pembukuan akuntansi sederhana ini.

  • Bagikan