Kali Kadia Meluap, Ketua RT 4: Kami Berharap Kali Kadia Diperluas Oleh Pemerintah Kota Kendari

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Warga Kelurahan Pondambea, Kecamatan Kadia, Khususnya di seputaran RT 4, RW 3 kembali was-was dengan musim hujan pada bulan Juni 2022, pasalnya curah hujan yang ekstrem saat ini, telah mengakibatkan meluapnya Kali Kadia dan telah merendam sejumlah rumah yang berada di dekat Kali tersebut.

“Informasi sekarang ada 7 rumah yang terendam banjir sampai diatas lutut orang dewasa, kejadian meluapnya Kali Kadia ini sekira kurang lebih jam 13.00 Wita, jadi tadi bersamaan dengan naiknya air laut, dan dihulu kali Kadia ini sementara hujan,”ungkap Ketua RT 4 RW 3 Safar saat diwawancara oleh fajar.co.id, Sabtu (25/6).

Sambungnya, bahwa Kali Kadia ini masuk wilayah Kelurahan Pondambea, Kecamatan Kadia dan juga masuk di Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, di sini RT 4 RW 3, Kelurahan Pondambea.

” Jadi rumah-rumah warga yang ada di pinggir kali, sudah kami minta untuk evakuasi diri. Jadi di warga saya, sudah ada 7 rumah yang terdampak luapan Kali Kadia ini,”jelasnya.

Lanjutnya, Jadi harapannya kita ini, agar Pemerintah Kota Kendari supaya mengakomodir aspirasi warga disini, agar supaya Kali Kadia ini diperluas, supaya warga tidak terdampak lagi seperti ini.

“Kami juga mengharapkan kepada yang terkait penanggulangan bencana agar bisa membantu warga yang terdampak minimal bahan pokok,”pungkasnya.

Untuk diketahui, seperti yang diberitakan sebelummya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dan tinggi gelombang dalam periode sepekan kedepan di sebagian wilayah kota, Kabupaten dan perairan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

  • Bagikan