GoTo Luncurkan Situs Pusat Informasi Terintegrasi Guna Permudah UMKM Kembangkan Usaha

  • Bagikan

Situs web Mitra Usaha GoTo ini juga menjadi pusat pengenalan layanan solusi bisnis komprehensif GoTo untuk para pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya. Beberapa di antaranya yakni:

  1. Layanan untuk membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka, dan GoKasir.
  2. Layanan pembayaran digital melalui Midtrans, GoPay, dan GoBiz PLUS.
  3. Layanan marketplace dan discovery produk melalui Tokopedia, GoFood, dan GoStore.
  4. Layanan logistik melalui GoSend dan pemenuhan pesanan (fulfillment) melalui Dilayani Tokopedia.
  5. Layanan permodalan untuk pengembangan usaha melalui GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala.

Di dalam situs web Mitra Usaha GoTo, UMKM juga dapat menemukan berbagai seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha yang berkelanjutan, baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG).

Sejak pandemi COVID-19, sudah lebih dari empat juta mitra usaha baru bergabung ke dalam ekosistem GoTo. Dengan memanfaatkan solusi bisnis GoTo, para mitra usaha di berbagai pelosok nusantara mampu mencetak pertumbuhan transaksi bisnis dengan mendorong efisiensi operasional dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Pertumbuhan ini juga tercermin dari kinerja layanan dalam ekosistem GoTo.

Tokopedia misalnya, mencatatkan Kabupaten Pasangkayu (Sulawesi Barat), Pakpak Bharat (Sumatera Utara), Banggai Kepulauan (Sulawesi Tengah), Teluk Bintuni (Papua Barat) dan Kepulauan Anambas (Kepulauan Riau) sebagai beberapa daerah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi di Tokopedia selama setahun ke belakang (Agustus 2021-Agustus 2022).

Hal ini terlihat juga pada peningkatan pertumbuhan layanan teknologi finansial dari GoTo sebesar 91% secara kuartal pada Q1 2022.

Tak hanya bagi perusahaan, para mitra usaha akan menerima manfaat situs web Mitra Usaha GoTo. William Christiansen, Pemilik Usaha Space Roastery dan perwakilan Mitra Usaha GoTo menjelaskan “Setiap solusi bisnis yang kami gunakan dalam ekosistem GoTo sangat membantu Space Roastery baik dari sisi penjualan, operasional, program loyalitas, hingga pembayaran online. Space Roastery dapat meningkatkan penjualan hingga 143% pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini tentu tidak lepas dari peran solusi digital ekosistem GoTo. Kami berharap situs web Mitra Usaha GoTo ini dapat terus memudahkan pelaku usaha menemukan solusi digital yang tepat untuk kembangkan bisnisnya, serta memiliki kesempatan untuk berkolaborasi antar pelaku usaha melalui kelas dan komunitas di ekosistem GoTo.”

  • Bagikan