FAJAR.CO.ID – Banyaknya pertanyaan dan keluhan pelanggan seringkali membuat tim customer service kewalahan menghadapinya. Akibatnya, performa layanan pelanggan pun menjadi tidak maksimal dan banyak pelanggan yang kecewa. Kalau sudah begitu, bukan tidak mungkin pelanggan akan lari dan berpaling dari bisnis Anda. Lalu, apa solusinya?
Memberikan layanan pelanggan yang cepat, tepat, dan nyaman untuk pelanggan adalah solusinya. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan alat bantuan pendukung layanan pelanggan seperti Chatbot WhatsApp, sistem otomatis berbasis AI (Artificial Intelligence) yang digunakan untuk melibatkan audiens dan pelanggan di WhatsApp.
Berikut adalah 10 alasan mengapa Anda perlu menggunakan Chatbot WhatsApp pada bisnis Anda.
1. Merespons pelanggan dengan segera
Bot WhatsApp dapat memberikan respons terhadap pesan pelanggan dalam hitungan detik. Artinya, pelanggan tidak perlu lagi menunggu lama untuk mendapatkan respons atas pertanyaan atau permintaan mereka.
2. Tersedia selama 24/7
Tidak seperti manusia yang memiliki jam kerja dan butuh istirahat, bot dapat bekerja sepanjang waktu. Ini karena bot dapat melayani pelanggan selama 24/7 penuh di berbagai saluran komunikasi yang pelanggan gunakan. Pelanggan Anda dapat bertanya atau menghubungi Anda kapanpun mereka mau.
3. Menangani pelanggan melalui platform yang familiar
Dengan menggunakan Bot yang terintegrasi dengan WhatsApp, Anda dapat melayani pelanggan di platform yang paling familiar dengan pelanggan Anda, yakni WhatsApp itu sendiri. Jadi, pelanggan tidak akan menjadi lebih nyaman untuk menghubungi bisnis Anda.
4. Menyelesaikan masalah lebih cepat
Chatbot WhatsApp mampu menyelesaikan permintaan dan masalah pelanggan dengan cepat melalui percakapan yang interaktif. Selain itu, Chatbot juga dapat digunakan mengotomasi setiap pesan, sehingga tim bisa fokus pada kasus yang lebih penting.