Tahun Depan Akses Jalan Ganda-Lapodi Sudah Bisa Dilintasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BUTON — Pekerjaan peningkatan struktur jalan Gonda-Lapodi di bawah pengawasan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kabupaten Buton, segera tuntas. Proyek yang dimulai medio Juli itu, kini tengah diaspal. Jika tak ada aral, Januari 2023 mendatang “jalan potong” yang memangkas jarak Baubau-Pasarwajo tersebut, sudah bisa dilintasi.

Kepala Dinas PU-PR Kabupaten Buton, Wahyudin, mengakui progres pekerjaan itu. Menurutnya, permukaan jalan Gonda-Lapodi tengah diaspal dan kedua sisinya diperkuat dengan cor beton.

“Sementara pengaspalan, setelah itu masa pemeliharaan. Soal kapan difungsikan, dilihat dulu pemeliharaannya. Tapi selesai tahun ini. Mudah-mudahan langsung bisa dipakai,” kata Wahyudin, Senin (19/12).

Dari plang informasi proyek yang terpampang di lokasi, tertulis pekerjaan itu dimulai sejak 18 Juli dengan masa kerja 150 hari kalender. Itu artinya lima bulan sejak kontrak, atau Desember ini, pekerjaan itu sudah tuntas. Anggarannya menghabiskan dana kurang lebih Rp 7 miliar.

“Kira-kira 5 kilometer. Kalau akses yang sekarang itu jaraknya sekitar 12 kilometer. Jadi lebih dari setengah terpangkas. Tapi terserah masyarakat mau gunakan yang mana, karena jalurnya tidak dialihkan,” pungkas Wahyudin. (Kp/fajar)

  • Bagikan