Jelang Puncak HBP ke 60, Rutan Kelas II B Unaaha Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Asao

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Unaaha menggelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Asao, Kecamatan Tongauna, Kabupaten Konawe sebagai bagian dari peringatan Hari Bakti Pemasyrakatan (HBP) Ke 60.

Upacara ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjasa dalam melindungi dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Upacara diawali dengan penghormatan umum kepada para pahlawan yang telah terdahulu, kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga oleh Karutan Unaaha dan tabur bunga di makam para pahlawan.

Kepala Rutan Unaaha, Hery Kusbandono dalam amanatnya mengatakan dengan dilaksanakannya ziarah dan tabur bunga tersebut dapat dijadikan sebagai bahan renungan bagi para generasi penerus di masa kini dan masa yang akan datang.

Patriotisme dan semangat nasionalisme, menurut dia, menjadi dasar perjuangan para pahlawan dalam memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia.Kegiatan ziarah ini juga sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raga kepada nusa dan bangsa. Selain itu, juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa menghargai jasa para pahlawannya.

“Sebagai generasi penerus, kita harus selalu mengenang jasa para pahlawan, dan meneruskan perjuangan mereka,” tutur Hery

Adapun rangkaian kegiatan dalam Hari Bakti Pemasyarakatan ke 60 ini, seperti tabur bunga, donor darah, Pekan olah raga dan seni WBP, intimates got talent telah dilaksanakan dan dilanjutkan acara puncak upacara yang dilaksanakan pada 27 April mendatang.(IMR/FNN).

  • Bagikan