Ketua KNPI Sultra Harapkan HPN 2023 Sumut Harus Menjadi Corong Kepentingan Bangsa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati pada tanggal 9 Februari 2023 yang dipusatkan di Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), mengangkat tema tema “Pers Bebas Demokrasi Bermartabat” merupakan peringatan HPN yang ke-28 sejak kali pertama diselenggarakan pada 9 Februari 1985 di Jakarta.

Banyak pihak menaruh harapan besar pada penyelenggaraan HPN 2023 kali ini, seiring dengan agenda kepentingan bangsa menyongsong masuknya tahapan pesta demokrasi di negeri ini, baik Pemilukada, maupun Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada tahun 2024 mendatang.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Alvin Akawijaya Putra, menanggapi kaitan tema HPN 2023

“ Tema ‘Pers Bebas Demokrasi Bermartabat’ tersebut, menyiratkan makna besar dan harapan rakyat Indonesia kepada masyarakat insan pers. Sesuai dengan tema ini, bahwa kebebasan adalah ruh bagi pers. Pasal 2 UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers menyebut kemerdekaan pers adalah salah satu wujud kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum. Bahwa saat ini agenda bangsa menyongsong pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, hendaknya seluruh elemen bangsa mengambil peran strategis dalam mengawal hajatan bangsa lima tahun sekali itu, tak terkecuali masyarakat dan kelembagaan insan pers, dalam hal ini Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Menurut Alvin Akawijaya Putra, masyarakat insan pers dan organisasi pers termasuk PWI, hendaknya dapat menjadi corong kepentingan bangsa dan pilar demokrasi extra parlemen di negeri ini selain lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif tentunya.

  • Bagikan