Deklarasikan Diri Sebagai Cagub Sultra 2024, Ruksamin Paparkan Visi Sultra Pusat Energi Dunia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin secara resmi mendeklarasikan dirinya sebagai Calon Gubernur (Cagub) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang, Selasa (14/3/2023) malam pada salah satu hotel di Kendari.

Deklarasi tersebut dirangkaikan soft launching program unggulan Sultra 2024, dengan visi “Sultra Pusat Energi Dunia” yang dibangun dari keyakinan dan harapan terhadap potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan kekayaan adat istiadat di Provinsi Sultra.

Ruksamin mengatakan, kedepannya dibutuhkan visi pembangunan yang dapat memastikan terbangunnya sinergi harmonis antara masyarakat, (antar suku, agama, daratan kepulauan), negara (pemerintah provinsi dan kabupaten/kota) dan swasta, dalam pengelolaan SDA.

“Sebab, masyarakat yang menjadi fokus utama pembangunan harus semakin sejahtera dan terjamin hak-haknya,” ungkapnya.

Lanjut ia menyampaikan, visi Sultra pusat energi dunia adalah visi yang menegaskan bahwa Sultra tidak hanya menjadi penghasil utama Energi Baru Terbarukan (EBT), melainkan juga akan tumbuh sebagai provinsi yang menjadi pusat keunggulan (center of excellence) di Indonesia.

“Berseiring dengan berbagai keuntungan yang dimiliki sebagai daerah penghasil bahan baku energi masa depan, Sultra siap menyambut masa depan untuk mewujudkan masyarakat yang maju, madani dan berkeadilan,” bebernya.

Untuk mewujudkan Sultra pusat energi dunia, Ruksamin memiliki 5 misi besar yang akan dilaksanakan, pertama mewujudkan SDM yang unggul dan berdaya saing.

  • Bagikan