Pastikan Keselamatan dan Keamanan Mudik Lebaran, Ditpolairud Polda Sultra Tinjau Arus Mudik di Pelabuhan Torobulu

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE SELATAN – Dua hari jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, kepadatan arus mudik terpantau di Pelabuhan Torobulu, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), para pemudik didominasi berasal dari Kota Kendari menuju Pelabuhan Tampo Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tingginya lonjakan arus pemudik yang kembali ke kampung halamannya melalui Pelabuhan Torobulu selama musim liburan lebaran merupakan hal yang biasa terjadi Pelabuhan Torobulu.

Berangkat dari itu, Direktur Polairud Polda Sultra Kombes Pol Andi Adnan Syafruddin meninjau langsung situasi arus mudik saat libur Idul Fitri 1444 H di Pelabuhan Torobulu di Kabupaten Konsel, Provinsi Sultra. Rabu (19/4

Kepada fajar.co.id, mantan Wadirpolairud Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) ini mengatakan, kunjungannya di Pelabuhan Torobulu bertujuan untuk memastikan keselamatan dan keamanan kawasan pelabuhan, dengan berkoordinasi dengan Pemda Konsel, TNI dan Polri.

Lanjutnya menyampaikan, bahwa petugas Ditpolairud Polda Sultra memeriksa sendiri kapal untuk memastikan kapal laik berlayar, serta memeriksa manifes penumpang untuk memastikan jumlah penumpang tidak melebihi kapasitas kapal.

Selanjutnya, petugas Ditpolairud memeriksa infrastruktur pelabuhan itu sendiri, untuk memastikannya berfungsi dengan baik. Secara keseluruhan, tujuannya adalah untuk memastikan perjalanan yang aman dan lancar bagi semua penumpang yang bepergian selama mudik lebaran.

Di dalam laporannya, petugas Polairud menemukan bahwa kapal-kapal tersebut layak berlayar dan memenuhi standar kapasitas yang ditetapkan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Selain itu, infrastruktur di pelabuhan ditemukan dalam kondisi baik.

  • Bagikan