Satgas Damai Cartenz Tahan 31 Anggota KKB dan 13 Pucuk Senjata Api

  • Bagikan
Barang bukti senjata api milik KKB yang diamakan Satgas Damai Cartenz 2023 di Papua. Foto HO-Satgas Damai Cartenz 2023

FAJAR.CO.ID, PAPUA — Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz 2023 terdiri dari TNI dan Polri telah menahan 31 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua. Pasukan TNI Polri juga mengamankan 13 pucuk senjata api dan 710 butir amunisi berbagai kaliber.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Faizal Ramadhani di Jayapura mengatakan, senjata api dan amunisi diamankan dari Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua.

Pasukan Damai Cartenz 2023 di lapangan juga berhasil mengamankan peralatan lainnya, seperti 16 magasin, 136 senjata tajam, dan 76 unit telepon seluler.

Selain itu, 23 unit handy talky (HT), empat unit radio SSB (single side band), tujuh buah kamera dan teropong, empat unit komputer jinjing (laptop) dan empat lembar bendera Bintang Kejora.

Senjata api dan amunisi yang berhasil diamankan tidak berasal dari satu daerah saja. Tim Damai Cartenz TNI Polri berhasil mengamankan dari empat kabupaten.

Rincian 13 senjata api yang diamankan terdiri dari 6 pucuk senjata api dari Kabupaten Nduga, empat pucuk senjata api dari Kabupaten Jayapura, dua pucuk senjata dari Kabupaten Puncak, dan satu pucuk dari Kabupaten Jayapura.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Faizal Ramadhani menegaskan, penyitaan 13 pucuk senjata api dan berbagai peralatan lainnya merupakan bentuk keseriusan Polri dan TNI dalam memberantas KKB di Papua.

Operasi Damai Cartenz 2023 merupakan operasi penegakan hukum yang tegas dan terukur kepada KKB yang melakukan gangguan keamanan terhadap masyarakat Papua.

  • Bagikan