Pemprov Sultra Dan Pemkab Kolaka Permantap Desa Wisata Sani-Sani Kolaka usai masuk ADWI

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KOLAKA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Daerah Kolaka memperkuat citra Desa Wisata Sani-Sani setelah terpilih sebagai salah satu dari 75 Desa Wisata Terbaik Tahun 2023 oleh Desa Wisata Indonesia .

Belli, Kepala Dinas Pariwisata Sultra, melalui sambungan telepon di Kendari, Kamis, mengatakan pihaknya bersama BPD Kolaka menyiapkan sarana dan prasarana desa agar Desa Sani-Sani terlihat lebih menarik.

“Fasilitas yang sudah lengkap antara lain memastikan aksesibilitas Desa Sani-Sani, antara lain jalan, rambu, penerangan dan konektivitas internet,” ujarnya.

Ia melanjutkan, Pemprov Sultra bersama DPRD Kolaka juga telah menyiapkan berbagai fasilitas lain untuk desa wisata tersebut, seperti gedung perkantoran, vila, dan homestay.

Selain penciptaan daya tarik, upaya mewujudkan desa wisata juga terkait dengan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang dijadwalkan awal Juli 2023.

Belli mengatakan kunjungan Menparekraf terkait dengan pencapaian Desa Sani-Sani sebagai desa wisata yang masuk 75 besar desa wisata nasional melalui Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata dan industri kreatif dan telah menjadi agenda tahunan.

“Kunjungan menteri (Menparekrad red) ini merupakan bagian dari evaluasi akhir desa wisata Sani-Sani yang masuk dalam 75 desa wisata terbaik Tanah Air,” ujarnya.

Dalam agenda kunjungan Menparekraf, Pemprov Sultra dan DPRD Kolaka melakukan beberapa persiapan, khususnya di Desa Sani-Sani sebagai titik utama kunjungan.

  • Bagikan