Wujudkan Pengelolaan Keuangan Desa yang Transparan, Akuntabel, dan Partisipatif, Bupati Konawe Selatan Launching Aplikasi Siskeudes Online

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE SELATAN – Bupati Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) H. Surunuddin Dangga membuka kegiatan Rapat Pengelolaan Keuangan Desa yang dirangkaikan dengan Launching aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di Auditorium Lantai lll kantor Bupati Konsel, Rabu, (31/1)

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konsel yang dihadiri Kejaksaan Negeri (Kejari) Konsel, Inspektorat Konsel, OPD, Camat dan Kepala Desa serta Ketua BPD se- Konsel.

Launching ini sebagai tindak lanjut dari surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri), sebagai upaya untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga mengatakan sesuai surat Mendagri, perihal aplikasi keuangan desa siskeudes, bahwa desa seluruh Indonesia secara bertahap harus melaksanakan aplikasi sistem perencanaan keuangan desa.

“Siskeudes sebagai upaya untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan akuntabel dan partispatif,” ujar H. Surunuddin.

Bupati Konsel menjelaskan, pihaknya menyadari bahwa begitu besarnya tugas dan tanggung jawab pengelolaan keuangan desa, untuk itu diperlukan pembinaan secara terus menerus untuk memastikan penyelenggaraan Pemerintah Desa tepat sasaran dan sesuai dengan aturan.

“Melalui kegiatan rapat serta launching siskeundes ini diharapkan dapat membantu meringankan beban pengelolaan administrasi keuangan untuk penyelesaian pekerja dalam hal perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan tanggung jawab secara tepat waktu.” jelasnya.

  • Bagikan