Tagar Shopee Bunuh UMKM Ramai di Twitter, Ada Apa Yah?

Kamis, 18 Februari 2021 05:25

Tagar Shoppe di Twitter

SULTRA.FAJAR.CO.ID – Tagar Shopee Bunuh UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) menjadi trending topic di twitter. Para netizen beramai-ramai menggunakan tagar ini sebagai bentuk protesnya terhadap produk Cina yang dinilai terlalu murah, sehingga produk lokal Indonesia kalah saing.

 “Kalah saing, kalah harga, kalah update. Karena shopee akses belanja luar negeri jadi gampang. Orang-orang jadi senangnya belanja di Mr Hu. Bagaimana nasib seller-seller di Indonesia,” tulis Adede dalam ciutan akunnya @nasiorakarikkk.

“Mr Hu meresahkan seller-seller Indonesia karena keberadaannya di shopee. Shopee sama Mr Hu pasti ada hubungannya sih jelas” lanjut Adede.

Sebelumnya, tagar Seller Asing Bunuh UMKM sempat ramai di twitter. Deddy Corbuzier sempat mempertanyakan sosok Mr Hu. “Who is Mr Hu. Jadi kepo. Atau memang produk kita kalah saing? Tambah kepo. Atau memang ada hal lain,” tulisnya dalam @corbuzier.

Tirta Mandira Hudhi juga ikut menyoroti Mr Hu yang sempat diperbincangkan netizen di twitter. Menurutnya, memang keberadaan importir seperti Mr Hu dapat membahayakan keberlangsungan UMKM Indonesia.

“Kayaknya banyak yang Belum ngerti yah. Jadi kemarin ada fenomena Mr Hu, seller dari Cina yang barangnya nyampe dimana-mana. Isinya barang-barang lucu dan barang kebutuhan sehari-harilah. Harganya sangat murah. Transaksi eceran lintas negara. Ini bahaya buat kelangsungan UMKM kita,” ungkap @tirta_hudhi.

Sedangkan, Milmul dalam akunnya @gerobakmilmul, menjelaskan bahwa Mr Hu adalah Presdir CMHK, yang punya Sinotrans, perusahaan logistik terbesar di Cina. “Isi perusahaannya dosen-Dosen Manajemen Pemasaran dan Sosilolog. Salah satunya master salesnya asuransi di China. Mereka semua itu BUMN nya Cina yang sudah diprogram dari dulu,” jelasnya.

Komentar

VIDEO TERKINI