Pemkab Mubar Siapkan Anggaran 2 Miliar untuk Seragam Sekolah Gratis

Jumat, 19 Maret 2021 01:58

abid Pendidikan Dasar (Dikdas) Diknas Muna Barat (Mubar), La Umbas

SULTRA.FAJAR.CO.ID, MUNA BARAT – Anggaran pengadaan seragam sekolah gratis di Kabupaten Muna Barat (Mubar) telah disiapkan tahun ini.

Ada Rp 2 miliar lebih sudah diplotingkan lewat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), yang selanjutnya dilakukan proses lelang, mencari rekanan pemenang tender pengadaan baju sekolah, bagi siswa baru masuk sekolah.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Diknas Muna Barat, La Umbas mengaku, anggaran tersebut sudah ada tinggal menunggu proses lelang saja. Tentunya, seragam yang dimaksud, sama persis dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Nanti, itu dipihak ketigakan untuk pengadaan baju gratis. Kita Dinas hanya menyediakan anggarannya saja. Sebab, ini bagian dari visi dan misi pemerintah,” kata Kabid Dikdas La Umbas, diruang kerjanya, Kamis (18/3).

Mantan Guru SMA 2 Raha ini menyebut, untuk pengalokasian anggaran pengadaan seragam sekolah gratis tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sama besar nominalnya.

Masing-masing mencapai Rp 1.020.300.000 dengan total anggaran keseluruhan Rp 2.020.600.000.

“Jadi memang, peruntukkannya, untuk SD kelas satu yang baru masuk dan SMP kelas satu yang baru masuk. Tahun ajaran baru ini,” terangnya.

Selanjutnya, penyerahan seragam sekolah gratis itu, lanjut Umbas, pihak sekolah mendistribusikan terhadap siswa dan siswi.

Nah, untuk mengantisipasi adanya ledakan siswa baru, maka ada tambahan anggaran lima persen sesuai perencanaan yang ada. “Jadi, kita hanya menjalankan fungsi kontrol saja,” pungkas La Umbas. (rakyatsultra/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI