Tiga Sosok Ini Jadi Penentu Calon Presiden 2024 Versi LSI Denny JA

Jumat, 18 Juni 2021 10:40

Ilustrasi pilpres-- (Koko/JawaPos.com)

SULTRA.FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis mengenai tiga king atau queen maker dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Mereka akan kunci utama atau penentu siapa calon presiden di Pilpres 2024.

Diantaranya, adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menjelaskan, alasan tiga tokoh tersebut menjadi king dan queen maker di Pilpres 2024 mendatang.

Pasalnya ketiga ketua umum partai politik itu ada yang sudah mengantongi 3/4 dan satu tiket penuh untuk mengusung Capres dan Cawapres. Yakni 20 persen kursi di DPR RI atau 25 persen suara sah nasional.

“Mereka sudah mengantongi satu tiket capres dan cawapres penuh (Megawati-Red), atau 3/4 tiket (Prabowo dan Airlangga-Red),” ujar Adjie Alfaraby saat memaparkan hasil survei LSI Denny JA secara virtual, Kamis (17/6).

Adjie menambahkan, PDIP setidaknya telah memiliki 128 kursi di parlemen, Gerindra 78 kursi dan Golkar dengan 85 kursi. Sehingga, hanya PDIP yang bisa memenuhi syarat 20 persen kursi (tiket).

“Jika Golkar dan Gerindra akhirnya berkoalisi dengan salah satu partai yang saat ini punya kursi DPR maka sudah cukup memenuhi syarat pencalonan,” ujarnya.

Sementara mengenai calon presiden (capres), LSI Denny JA mendapatkan sembilan nama kandidat untuk Pilpres 2024 mendatang. Nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih menempati posisi puncak dengan perolehan dukungan sebesar 23.5 persen.

Komentar

VIDEO TERKINI