Tingkatkan Layanan Kesehatan, Pemkab Busel Bangun Dua Puskesmas di Wilayah Kepulauan

Selasa, 22 Juni 2021 09:10

SULTRA.FAJAR.CO.ID, BUTON SELATAN – Sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu di tengah masyarakat, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Pemkab Busel) membangun Puskesmas.

Tak tanggung-tanggung ditahun 2021 ini, Kabupaten Beradat itu memaksimalkan pelayanan kesehatan dengan menghadirkan dua Puskesmas di wilayah Busel Kepulauan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Busel, Laode Budiman menuturkan berbagai macam cara telah diupayakan Pemkab Busel dalam menuntaskan masalah kesehatan yang timbul di masyarakat.

Dimulai dengan pemberian jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Busel hingga peningkatan sarana dan prasarana kesehatan telah dilakukan.

“Menyangkut layanan kesehatan masyarakat tentu menjadi hal urgen dan tidak boleh ditawar-tawar. Namun demikian, diperlukan sarana dan prasarana kesehatan yang representatif,” tuturnya.

Kata dia, dengan 10 puskesmas yang tersebar di 7 kecamatan di Busel, tentu belum dapat memaksimalkan pelayanan dengan baik. Sehingga, di tahun 2021 ini Pemkab Busel tengah membangun dua Puskesmas di wilayah Busel Kepulauan.

“Saat ini kita bangun dua Puskesmas yakni di wilayah Kecamatan Siompu dan Kecamatan Batu Atas. Sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 5 miliar,” tambahnya

Dia menambahkan, hadirnya dua Puskesmas tersebut diyakini dapat memangkas jarak tempuh masyarakat yang hendak mendapat layanan kesehatan tahap pertama. Pasalnya, di dua wilayah tersebut hanya terdapat satu puskesmas dengan jumlah penduduk yang terbilang tidak sedikit.

Komentar

VIDEO TERKINI