Mahasiswa UHO Edukasi Masyarakat Pesisir Pentingnya Prokes Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE SELATAN – Wabah virus corona di Indonesia khususnya di Sulawesi Tenggara (Sultra) belum juga berakhir.

Sesuai instruksi Gubernur Sultra, Ali Mazi, untuk mencegah penyebaran virus corona perlu dilakukan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan.

Sasaran edukasi perlu dilakukan pada masyarakat yang berada di pesisir agar pemahaman terkait protokol kesehatan tetap dijalankan.

Mahasiswa Progran Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo La Hair mengatakan jurusannya terjun langsung ke masyarakat, bahkan lokasi sudah ditentukan jauh sebelum melakukan kegiatan.

“Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa PSPPA UHO angkatan lima turun langsung ke daerah pesisir untuk melakukan pencegahan dan mitigasi covid-19 di Desa Wawatu Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan pada tanggal 1 Juli 2021 lalu,” katanya via WhatsApp, Kamis (11/11/2021).

Hair melanjutkan, kegiatan pengabdian ini dimulai dengan menjelaskan tentang apa itu covid-19 kepada masyarakat dan memberikan informasi mengenai cara pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan 3M.

“Kegiatan pengabdian dilakukan di setiap rumah warga dan di tempat warga berkumpul dengan selalu mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Tim pengabdian selalu memastikan bahwa masyarakat desa wawatu mendapatkan informasi yang jelas mengenai covid-19 dan pencegahannya,” jelasnya.

“Masyarakat di Desa Wawatu awalnya kurang yakin dengan kedatangan tim pengabdian, tetapi setelah diberikan informasi dengan sangat baik dan jelas mereka mengikuti kegiatan ini dengan seksama, mendengarkan dengan baik dan mengikuti dengan percaya diri. Harapan kami setelah pengabdian ini masyarakat Desa Wawatu dapat menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari di masa pandemi,” pungkas Hair.(yus/fajar)

  • Bagikan