Satreskrim Polres Kolut Bongkar Komplotan Pembuat SIM Palsu

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KOLAKA UTARA – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kolaka Utara (Kolut), AKBP Moh Yosa Hadi, mengimbau warga agar tidak mudah percaya terhadap calo yang menawarkan jasa pembuatan Surat Izin mengemudi (SIM), dengan cara instan dengan tarif yang berbeda dari tarif yang telah ditentukan.

Imbauan ini disampaikan AKBP Yosa Hadi, menyusul keberhasilan jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kolut meringkus komplotan tersangka pembuat SIM palsu.

“Untuk masyarakat Kolut, kami imbau jangan mudah percaya dengan calo yang mengaku bisa membuat SIM dengan cara cepat, dengan harga berbeda dari tarif yang telah ditentukan, karena kemungkinan besar itu adalah modus penipuan dan pemalsuan,” tegas Yosa Hadi, dalam konferensi pers yang digelar di kantor Polres Kolut, Kamis (3/2/2022).

Ia mengungkapkan, komplotan tersangka pembuat SIM palsu jenis B2 umum yang diringkus personel Satreskrim ini masing-masing atas nama Muhammah Kasran (25), Agus Ismail (34) dan Irfan (18). Ketiganya diringus pada Rabu (2/2/2022).

Yosa Hadi menuturkan, pengungkapan kasus pembuatan SIM palsu ini berawal dari adanya seorang warga yang diminta oleh personel Polres Kolut untuk menunjukkan identitas diri.

“Warga tersebut diminta menunjukkan KTP, berhubung KTP-nya tidak ada maka yang bersangkutan menunjukkan SIM B2 umum. Atas kejelian anggota, setelah dicek registrasi dan sebagainya, ternyata SIM miliknya itu palsu. Dari situ kemudian kita lakukan pengembangan,” terang Kapolres.

Ia menjelaskan, untuk proses pembuatan fisik SIM palsu dimaksud dilakukan oleh tersangka Muhammad Kasran pada Desembar 2021. Tersangka Kasran membuat suatu alat berupa master SIM melalui aplikasi menggunakan laptop.

  • Bagikan