Raup Omset Ratusan Juta dari Tanaman Obat Keluarga, Sosok Perempuan Mitra Binaan PKT ini Berdayakan Warga Sekitar hingga Raih Penghargaan dari Wakil Presiden RI

  • Bagikan

Asma, pendiri Makrifah Herbal, bertekad ingin terus berkembang dan memberdayakan ibu-ibu lainnya. Melalui Makrifah Herbal, kaum ibu mampu mengembangkan diri dan menjadi perempuan mandiri.

“Produk herbal berkualitas yang kami produksi juga merupakan hasil dari semangat kami sebagai ibu yang secara naluriah ingin terus menjaga keluarganya dari berbagai macam penyakit. Saya percaya, ibu – ibu tidak hanya memiliki peran yang sangat penting bagi keluarga, namun juga lingkungan, bahkan mampu turut menggerakkan roda perekonomian daerah,” katanya.

Lebih lanjut, pemberdayaan ibu rumah tangga oleh Makrifah Herbal juga tidak hanya terfokus dalam meracik dan memproduksi minyak herbal, namun juga disesuaikan dengan kapasitas maupun minat yang dimiliki masing-masing anggota, seperti pelayanan spa dan lulur tradisional, hingga katering yang menggunakan olahan dari tanaman herbal. Jasa eduwisata juga menjadi pengembangan dari Makrifah Herbal yang diperuntukkan bagi lembaga pendidikan atau kelompok masyarakat yang ingin belajar tentang tumbuhan dan ramuan herbal, difasilitasi oleh tenaga yang berkompeten di bidangnya. Asma juga bertekad untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar Bontang melalui usaha yang dipimpinnya tersebut.

Kegigihan Asma dan ibu-ibu lainnya juga berhasill menorehkan prestasi dan mendapatkan berbagai penghargaan dari tingkat daerah hingga nasional. Pada 2020 lalu, Makrifah Herbal menerima penghargaan Produktivitas Siddhakarya oleh Gubernur Kalimantan Timur. Penghargaan teranyar yang dicapai adalah penghargaan Paramakarya dari Kementerian Ketenagakerjaan yang diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI pada tahun 2021 lalu.

  • Bagikan