Lahirnya Kota Kendari, Berawal dari Berdirinya Kerajaan Laiwoi dan Kedatangan Vosmaer di Teluk Kendari, Ini Sejarahnya

  • Bagikan

Dan setelah sekian lama, akhirnya Kepemimpinan Kerajaan Konawe diteruskan oleh Trah Sorumba dari Tambo Ilosono Oleo dan selanjutnya mentransformasikan Kerajaan Konawe menjadi Kerajaan Laiwoi yang berpusat di Ranomeeto.

Silsilah di Kerajaan Laiwoi sebagai penerus Kerajaan Konawe berdasarkan tulisan silsilah dari berbagai sumber

Berawal dari Sorumba yang merupakan anak dari Raja Konawe Sangia Inato atau Rebi Tebawo yang menikah dengan Mongiri melahirkan Melamba (Sangia Lepo-lepo atau Sa’a Puuwenggorona)

Selanjutnya, Melamba menikah dengan Wedalusu melahirkan dua orang putra yakni Balany (Sa’a Iwata atau Sa’a Ndebunggu) dan Tuada (Sa’a Tanea).

Selanjutnya, Balany menikahi dengan Wekamanda yang merupakan saudara dari Pakandeate dan akhirnya memiliki seorang putri bernama Puri Ndokonawe, selanjutnya Puri Ndokonawe menikah dengan Ray yang merupakan Putra dari Tohamba yang memiliki gelar Sa’a Samba Osu yang merupakan turunan dari Maranai yang memiliki gelar Inea Sinumo Abuki Wuta Mbinotisono Abuki dan memiliki Putra yang bernama Tebau.

Adapun, anak dari Melamba yang bernama Tuada (Sa’a Tanea) menikah dengan Wagilama dan mempunyai dua anak yakni Madukala dan Mali, dan
dan Mali menikah dengan Data yang melahirkan seorang Putri bernama Tumbe dan seorang Putra bernama Lawadungga dengan gelar Sa’a Andaroa.

Lalu, Tebau menikahi Tumbe yang merupakan anak perempuan dari Mali, dan Mali merupakan putra dari Tuada (Sa’a Tanea) yang juga merupakan saudara kandung dari Balany.

Dan dari hasil pernikahan Tebau dan Tumbe melahirkan seorang Putri yang bernama Maho.

  • Bagikan