Pemkot dan BPN Kendari Bentuk Tim Gabungan Pembebasan Lahan Kawasan Industri, Ini Tujuannya

  • Bagikan

Sambung Kata Wali Kota Kendari, makanya tadi kita libatkan Badan Pertanahan Nasional (BPN), dan BPN sendiri sudah membentuk tim, supaya ini tidak lagi menyisakan masalah.

“Teknisnya nanti ke tim, yang jelas tadi hanya ingin mempertemukan tim, dan nanti secara teknis mereka yang akan menindak lanjuti,”jelasnya.

Kata Politisi PKS ini , jadi untuk tahap pertama, kurang lebih 400 hektare akan dibebaskan, tapi secara keseluruhan kita siapkan 2.500 hektar, kan nanti ini kita berharap dia tumbuh, kawasan industri tumbuh dan bisa menopang bahkan menjadi pilar utama ekonomi kita di Kota Kendari.

“Yang akan dibangun disana itu, bukan smelter, jadi peleburanya, jadi nanti material yang menjadi produk dari smelter, itu akan menjadi bahan baku di sini, jadi seperti itu,”

“Jadi harapannya sih, kita berharap nanti ini produk akhirnya itu baterai lithium, tapi kalaupun tidak minimal nanti sudah setengah jadi untuk baterei, itu harapannya,”tandasnya.

Ditempat yang berbeda, Kepala BPN Kota Kendari, Herman Sairi saat diwawanacara menyampaikan bahwa rapat itu membahas rencana kegiatan pembebasan lahan di lokasi Kawasan Industri Kendari tersebut.

“Ini tadi kami dipanggil oleh Wali Kota Kendari bersama Perusahaan Kendari Kawasan Industri membahas rencana kegiatan pembebasan tanah di lokasi yang dimaksud. Jadi sekarang baru pembentukan tim, baik dari BPN maupun dari Pemkot untuk pelaksanaan pembebasan lahan itu,”ujarnya.

Lanjutan, tadi kesepakatan akan dilaksanakan secepatnya, kalau perlu besok.

“Data yang berikan ke kami itu sekitar 1.700 hektar, dan dari informasi awal yang diberikan ke kami, sekitar 400 hektar dulu untuk tahap awal yang menjadi prioritas pembebasan lahan, khususnya untuk bangunan pabrik dan letaknya ada di Kecamatan Abeli,”imbuhnya.

  • Bagikan