Ketua PATPI Pusat Resmi Melantik Pengurus PATPI Cabang Kendari, Ini Harapannya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Ketua Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Pusat, Prof. Dr. Ir. Umar Santoso, M.Sc. melantik pengurus PATPI Cabang Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2022-2026 di Ruang Aula Fakultas Pertanian, Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari, Rabu (13/7).

Pelantikan dirangkaikan dengan pembukaan Webinar Nasional yang mengambil tema “Inovasi Riset Pangan yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan”.

Dalam sambutannya, Prof. Umar Santoso mengatakan PATPI bergerak dalam bidang Teknologi Pangan yang ruang lingkupnya mencakup aplikasi ilmu dasar antara lain kimia, fisika, dan mikrobiologi serta prinsip-prinsip keteknikan (engineering), ekonomi dan manajemen pada seluruh mata rantai penggarapan bahan pangan sejak dipanen sampai dikonsumsi.

Lanjutnya, untuk mencapai tersedianya pangan yang memadai baik kuantitas maupun kualitas maka, pemanfaatan teknologi tak dapat dihindarkan.

“Tantangan ketahanan pangan global adalah kebutuhan pangan yang selalu meningkat, perubahan diet, perubahan iklim, serta kehilangan dan limbah pangan yang tinggi akibat inefisiensi dalam pengolahan dan penanganan,”tandasnya.

Senada dengan itu, Ketua PATPI Cabang Kendari, Sultra, Dr. Tamrin,S.P.,M.P. dalam sambutannya mengatakan organisasi ini yang akan melanjutkan program-program yang bekelanjutan dan berinovasi baru yang ada di Sultra dan selanjutnya akan melaksanakan Rapat Kerja (Raker) bersama pengurus PATPI Cabang Kendari, Sultra.

“Keberadaan PATPI ini diharapkan agar para ahli Teknologi pangan dapat berinovasi melihat dengan banyaknya potensial terkhusus di wilayah Sultra,“jelasnya.

  • Bagikan