Pemkab Konawe Alokasikan Rp35 Miliar untuk TPP ASN Tahun 2023

  • Bagikan
Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, KONAWE — Janji Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa untuk meningkatkan kesejahteraan ribuan aparatur sipil negara (ASN) perlahan ditunaikan.

Tahun 2023, ASN Konawe akan mendapat Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). Bupati Kery mengalokasikan duit Rp35 miliar untuk membayar TPP ASN Konawe.

Duit miliaran rupiah itu akan dimasukkan dalam kerangka anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2023. Akhir tahun 2022, APBD 2023 diketuk dalam rapat paripurna DPRD.

“Tahun depan kita mulai bayarkan TPP ASN. Yang penting sesuai beban dan tanggung jawab kerja,” ujar Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa kepada Kendari Pos, kemarin.

Bupati Kery mengatakan, TPP merupakan hak bagi ASN yang sudah berkontribusi mendukung kemajuan pemerintahan di daerah. Ia tak memungkiri beberapa tahun lalu, belum mengalokasikan duit TPP lantaran kemampuan keuangan daerah yang terbatas.

“Tahun-tahun sebelumnya, kita lebih dahulu fokus mengurus kepentingan publik secara luas,” kata Bupati Konawe dua periode itu.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan menerangkan, tujuan TPP diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi ASN.

Dengan demikian, para pemegang nomor induk pegawai (NIP) dapat semakin terpacu meningkatkan produktivitas dalam mengemban tugas-tugas pemerintahan.

Sekda Ferdinand meyakini, TPP bagi ASN lingkup Pemkab Konawe akan kian mendorong kompetisi kinerja di lingkungan aparatur daerah.

“Formulasinya sudah kita tentukan secara proporsional. TPP itu kita berikan kepada ASN berdasarkan indikator kinerja pegawai yang bersangkutan,” ujarnya.

  • Bagikan