Dishub Kendari Tuntaskan Pemasangan 300 Lampu Jalan LED

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Kota Kendari kini terang. Pemasangan lampu light emitting diode (LED), pengganti lampu merkuri di jalan-jalan protokol telah rampung. 300 unit bola lampu menjadi penerang kota di malam hari.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kendari, Laode Abdul Manas Salihin, mengatakan pergantian dan pemasangan lampu LED sudah 100 persen. Pergantian lampu merkuri menjadi LED, untuk menghemat energi listrik.

“Lampu LED ini lebih terang dan hemat energi. Kalau lampu yang selama ini kita lihat itu lampu merkuri, dayanya sampai 250 Watt. Sementara yang LED dayanya hanya 120 watt,” ujarnya saat diwawancara, Jumat (4/11).

Penggantian lampu jalan, kata dia, telah dilakukan sejak tahun 2021 lalu dilanjutkan di tahun 2022. Direncanakan akan dilakukan secara intens hingga tahun 2023 mendatang. Sehingga pengguna energi listrik pada lampu jalan itu, hemat.

“Tahun 2023, insya Allah kita akan lakukan penggantian lagi. Agar kita bisa hemat energi,” jelasnya.

Tahun ini, berdasarkan data Dishub Kendari, pemasangan LED dilakukan di sepanjang Jalan Abdullah Silondae, Kecamatan Puuwatu dan sebagiannya dilakukan di Kecamatan Poasia. Proyek ini merupakan anggaran yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

“Kami akan melakukan penggantian lampu ini di seluruh wilayah Kota Kendari. Tapi karena keterbatasan anggaran jadi kita lakukan secara bertahap tidak serta-merta langsung sekali jalan,” ungkapnya.(kp/fajar)

  • Bagikan