Ali Mazi: ITK Buton Pilar Masa Depan Kemajuan Pembangunan Sektor Kelautan Perikanan Sultra

  • Bagikan

Sambungnya, Lada kesempatan ini, saya sebagai Gubernur Sultra ingin menyampaikan beberapa pemikiran tentang bagaimana menyambut masa depan Kelautan Dan Perikanan Indonesia yang menyejahterakan masyarakat melalui ITK Buton.

“Bangsa Indonesia sungguh sangat luar biasa diciptakan oleh Allah Subhanahu Wata’ala, karena didalamnya terdapat Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat beragam dan melimpah, sehingga menjadi pembeda dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia. Bangsa ini mempunyai luas daratan 1,9 juta kilometer persegi (25 persen), dan luas perairan laut yaitu 5,8 juta kilometer persegi (75 persen), yang mempunyai 17.504 pulau (yang terdaftar di PBB dan sudah diberi nama) dan berkoordinat sejumlah 14.572 pulau,”jelasnya.

Katanya lagi menambahkan Indonesia mempunyai garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah negara Canada, yaitu sepanjang 99.149 kilometer.

“Bahkan peneliti dunia menyatakan bahwa perairan Indonesia merupakan pusat keragaman biologi dunia. Oleh karena kekayaan geografi dan sumberdaya biologi tersebut, sehingga Indonesia merupakan negara bahari dan negara kepulauan terbesar di dunia yang sangat kaya dengan sumber daya biologi,”terangnya.

Kata Ali Mazi, letak geografis perairan Sultra diapit oleh 2 Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP), yaitu Wilayah Pengelolaan Perikanan 713 dan Wilayah Pengelolaan Perikanan 714. Kedua Wilayah Pengelolaan Perikanan tersebut mempunyai kekayaan sumberdaya perikanan dan kelautan yang cukup besar.

“Sultra berada diantara Laut Flores yang merupakan bagian dari Wilayah Pengelolaan Perikanan 713, dan Laut Banda yang merupakan bagian dari Wilayah Pengelolaan Perikanan 714 yang keduanya merupakan daerah penangkapan dan jalur migrasi ikan pelagis besar dan kecil,”bebernya.

  • Bagikan